Sabtu, 09 April 2016

SILABUS MICRO TEACHING

SILABUS
MICRO TEACHING

Nama Mata Kuliah                  :  MICRO TEACHING
Kode Mata Kuliah                   :  BD. 301
Beban Studi                            :  2  SKS
Jenjang / Program Studi         :  D-IV/D-IV Bidan Pendidik
Semester                                :  I (satu) Ganjil
Dosen  Pengampu                  :  Sam’un Mukramin, S.Pd., M.Pd.

A.   Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pembelajaran Micro Teaching ini membahas Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran.
Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan.
Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan.
Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.

B.   Tujuan Mata Kuliah
Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami isi materi Pembelajaran Micro Teaching dan 8 keterampilan dasar mengajar serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk kepentingan pendidikan di sekolah.

C.   Materi Mata Kuliah
1) Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran Mikro, 2) Keterampilan Bertanya, 3)
Keterampilan Memberikan Penguatan, 4) Keterampilan Melakukan Variasi, 5) Keterampilan Menjelaskan, 6) Keterampilan Membuka dan Menutup, 7) Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, 8) Keterampilan Mengelola Kelas, 9) Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.

D.   Pendekatan Perkuliahan
Pendekatan yang digunakan adalah Ekspositori dan inquiri serta menggunakan metode interaktif.

E.    Media
Media yang digunakan adalah Charts, Lembar kerja, LCD dan Laptop.

F.    Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
  1. Partisipasi kegiatan kelas
  2. Pertanyaan lisan
  3. Penilaian kinerja
  4. UTS dan UAS
  5. Simulasi

G.   Penilaian 
a.    Ujian Tengah Semester          10%
b.    Ujian Akhir Semester              10%
c.    Tugas                                      20%
d.    Partisipasi/keaktifan                20%
e.    Praktik                                     40%

H.   Daftar Pustaka
1.    Buku Sumber Utama Bahan Belajar Mandiri Pembelajaran Mikro (2006).
2.    Abimanyu S. 1984. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Jakarta.
3.    Hasibuan, JJ Ibrahim. 1988. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro. Bandung: Remaja Karya.
4.    Dimyati, dkk. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
5.    D. N. Pah. 1985. Keterampilan Memberikan Penguatan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
6.    Pangaribuan Parlin. 2005. Pembelajaran Mikro. Medan: Unimed.
7.    Wardani IGAK. 1985. Keterampilan Membimbing Kelompok Kecil. Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti.
8.    Rafli Kosasi. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Ditjen Dikti. Depdikbud.
9.    Sugeng Paranto, dkk. 1980. Micro Teaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
10.  Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
11.  Suparman, Atwi. 2001. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.
12.  Pengembangan Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti Depdiknas.
13.  Dikti. 1987. Micro Teaching Praktik mengajar Program Akta V.
14.  Usman, User. 2001. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
15.  Wijaya, Cece,Cs. 1991. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.  

I.      Kontrak Mata Kuliah:
  1. Hadir tepat waktu
  2. Setiap peserta selama mengikuti perkuliahan berpakaian sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang guru/pendidik.
  3. Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif.  
  4. Bagi peserta yang akan tampil harus berpakaian dan berpenampilan sebagai guru/pendidik.
  5. Membuat resume materi setiap pertemuan.
  6. Menyiapkan RPP, materi dan media bagi yang akan tampil.
  7. Merekam dengan alat yang ada bagi yang akan tampil.
  8. Memberikan komentar dalam lembaran observasi seluruh yang tampil dan akan dikumpulkan pada akhir semester
  9. Setiap peserta diberikan waktu tampil maksimal 20 menit.
  10. Bagi yang tidak sanggup mengikuti aturan yang ada silakan mengundurkan diri dari mata kuliah ini.
  11. Tata Tertib.

Mahasiswa wajib menggunakan pakaian yang dikenakan oleh seorang Pendidik:
A.    Mahasiswa
  1. Memakai celana bahan/non jeans (warna hitam) atau menggunakan Rok.
  2. Rambut rapi.
  3. Baju kemeja tidak ketat.
  4. Sepatu kerja, bukan sepatu sandal/sandal.
  5. Rambut tidak dicat/diwarna.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Nama Mata Kuliah                              : MICRO TEACHING
Kode Mata Kuliah                               : BD. 301
Bobot Mata Kuliah                              : 2 SKS
Jenjang / Program Studi                     : D-IV/D-IV Bidan Pendidik
Semester                                            : I (satu) Ganjil
Pertemuan                                          : Ke 1 – 16
Alokasi Waktu                                     : 1 x 90  menit (1 pertemuan)
Dosen Pengampu                               : Sam’un Mukramin, S.Pd., M.Pd.

PERTEMUAN
PEMBAHASAN
INDIKATOR KETERCAPAIAN
KEGIATAN PERKULIAHAN
PENILAIAN
1
Pengertian dan
Langkah-Langkah
Tentang Observasi
dan Pembelajaran
Mikro

-    Mahasiswa mampu menjelaskan
pengertian observasi
-    Mahasiswa mampu menjelaskan
tentang hakikat, karakteristik, serta
prosedur pembelajaran mikro
-    Penyajian materi perkuliahan
-    Mengadakan tanya jawab dan saling pendapat
-    Memberikan penguatan

-    Pertanyaan lisan
-    Penilaian
kinerja

2
Teori keterampilan
dasar bertanya dan
keterampilan
memberikan penguatan

-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar bertanya dan menjelaskan dalam pembelajaran
-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memberikan penguatan dan menjelaskan dalam pembelajaran
-    Penyajian materi perkuliahan
-    Mengadakan tanya jawab dan saling pendapat
-    Mahasiswa dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk mempresentasikan masalah yang berkaitan dengan materi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
kinerja
-    Resume hasil diskusi






3
Teori keterampilan
dasar melakukan
variasi dan
keterampilan
menjelaskan

-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaran
-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran
-    Penyajian materi perkuliahan
-    Mengadakan tanya jawab dan saling pendapat
-    Mahasiswa dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk
-    Mempresentasikan masalah yang berkaitan dengan materi
-    Memberikan penguatan

-    Pertanyaan lisan
-    Penilaian kinerja
-    Resume hasil diskusi

4
Teori keterampilan
dasar membuka dan
menutup serta
keterampilan
membimbing diskusi
kelompok kecil

-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta menjelaskan dalam pembelajaran
-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok kecil serta menjelaskan dalam pembelajaran
-    Penyajian materi perkuliahan
-    Mengadakan tanya jawab dan saling pendapat
-    Mahasiswa dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk mempresentasikan masalah yang berkaitan dengan materi
-    Memberikan penguatan

-    Pertanyaan lisan
-    Penilaian kinerja
-    Resume hasil diskusi

5
Teori keterampilan
dasar mengelola kelas
dan keterampilan
mengajar kelompok
kecil dan perseorangan

-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar mengelola kelas dan menjelaskan dalam pembelajaran
-    Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar mengajar kelompok kecil dan perseorangan serta menjelaskan dalam pembelajaran
-    Penyajian materi perkuliahan
-    Mengadakan tanya jawab dan saling pendapat
-    Mahasiswa dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk mempresentasikan masalah yang berkaitan dengan materi
-    Memberikan penguatan

-    Pertanyaan lisan
-    Penilaian kinerja
-    Resume hasil diskusi

6
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
bertanya

-    Mahasiswa mampu
Mendemonstrasikan keterampilan dasar bertanya

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
Kinerja simulasi

7
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
memberikan penguatan

-    Mahasiswa mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar memberikan penguatan

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
Kinerja simulasi

8
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
melakukan variasi

Mahasiswa mampu
mendemonstrasikan keterampilan
dasar melakukan variasi

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis
keterampilan dasar mengajar
dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
Kinerja simulasi

9
UTS
Tes Tertulis
10
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
menjelaskan


-    Mahasiswa mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar menjelaskan

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan lisan
-    Penilaian
-    Kinerja simulasi

11
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
membuka dan menutup

-    Mahasiswa mampu
mendemonstrasikan keterampilan
dasar membuka dan menutup

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis
keterampilan dasar mengajar
dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
kinerja
simulasi

12
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
membimbing diskusi
kelompok kecil

-    Mahasiswa mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok
kecil

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis keterampilan dasar mengajar
dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
Kinerja simulasi

13
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
mengelola kelas

-    Mahasiswa mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar mengelola kelas

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
Kinerja simulasi

14
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
mengajar kelompok
kecil dan
perseorangan

-    Mahasiswa mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar mengajar kelompok kecil dan perseorangan

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Menyimak setiap jenis
keterampilan dasar mengajar
dengan memakai format observasi
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan
lisan
-    Penilaian
kinerja







15
Resume materi
pembelajaran mikro

-    Mahasiswa mampu menyusun resume materi pembelajaran mikro

-    Penyajian materi perkuliahan
-    Membuat resume mulai dari
pertemuan 1 hingga pertemuan 14
-    Memberikan penguatan
-    Pertanyaan lisan
-    Penilaian kinerja

16
UAS
Tes Tertulis



Tidak ada komentar: