SILABUS
MICRO TEACHING
Nama Mata Kuliah : MICRO TEACHING
Kode Mata
Kuliah : BD.
301
Beban Studi : 2
SKS
Jenjang /
Program Studi : D-IV/D-IV Bidan Pendidik
Semester : I (satu) Ganjil
Dosen Pengampu : Sam’un
Mukramin, S.Pd., M.Pd.
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pembelajaran Micro Teaching ini membahas
Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran.
Mikro,
Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan
Melakukan Variasi, Keterampilan.
Menjelaskan,
Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok
Kecil, Keterampilan.
Mengelola
Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.
B. Tujuan Mata Kuliah
Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu
memahami isi materi Pembelajaran Micro Teaching dan 8 keterampilan dasar mengajar
serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk kepentingan
pendidikan di sekolah.
C. Materi Mata Kuliah
1)
Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran Mikro, 2)
Keterampilan Bertanya, 3)
Keterampilan Memberikan Penguatan, 4) Keterampilan
Melakukan Variasi, 5) Keterampilan Menjelaskan, 6) Keterampilan Membuka dan
Menutup, 7) Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, 8) Keterampilan
Mengelola Kelas, 9) Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.
D. Pendekatan Perkuliahan
Pendekatan
yang digunakan adalah Ekspositori dan inquiri serta menggunakan metode
interaktif.
E. Media
Media
yang digunakan adalah Charts, Lembar kerja, LCD dan Laptop.
F. Evaluasi
Keberhasilan
mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan
dalam:
- Partisipasi kegiatan kelas
- Pertanyaan lisan
- Penilaian kinerja
- UTS dan UAS
- Simulasi
G. Penilaian
a.
Ujian Tengah Semester 10%
b.
Ujian Akhir Semester 10%
c.
Tugas 20%
d.
Partisipasi/keaktifan 20%
e.
Praktik 40%
H. Daftar Pustaka
1. Buku
Sumber Utama Bahan Belajar Mandiri Pembelajaran Mikro (2006).
2. Abimanyu
S. 1984. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Jakarta.
3. Hasibuan,
JJ Ibrahim. 1988. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro.
Bandung: Remaja Karya.
4. Dimyati,
dkk. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
5. D. N.
Pah. 1985. Keterampilan Memberikan Penguatan. Jakarta: Depdikbud
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
6. Pangaribuan
Parlin. 2005. Pembelajaran Mikro. Medan: Unimed.
7. Wardani
IGAK. 1985. Keterampilan Membimbing Kelompok Kecil. Jakarta: P2LPTK
Ditjen Dikti.
8. Rafli
Kosasi. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Ditjen Dikti. Depdikbud.
9. Sugeng
Paranto, dkk. 1980. Micro Teaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
10. Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan
dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
11. Suparman,
Atwi. 2001. “Desain Instruksional”
Jakarta: Pusat
Antar Universitas untuk Peningkatan.
12. Pengembangan
Aktivitas Instruksional Dirjen Dikti Depdiknas.
13. Dikti. 1987. Micro
Teaching Praktik mengajar Program Akta V.
14. Usman,
User. 2001. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar.
Bandung: Rosdakarya.
15. Wijaya,
Cece,Cs. 1991. Kemampuan Guru dalam
Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
I.
Kontrak
Mata Kuliah:
- Hadir tepat waktu
- Setiap peserta selama mengikuti perkuliahan berpakaian sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang guru/pendidik.
- Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif.
- Bagi peserta yang akan tampil harus berpakaian dan berpenampilan sebagai guru/pendidik.
- Membuat resume materi setiap pertemuan.
- Menyiapkan RPP, materi dan media bagi yang akan tampil.
- Merekam dengan alat yang ada bagi yang akan tampil.
- Memberikan komentar dalam lembaran observasi seluruh yang tampil dan akan dikumpulkan pada akhir semester
- Setiap peserta diberikan waktu tampil maksimal 20 menit.
- Bagi yang tidak sanggup mengikuti aturan yang ada silakan mengundurkan diri dari mata kuliah ini.
- Tata Tertib.
Mahasiswa wajib
menggunakan pakaian yang dikenakan oleh seorang Pendidik:
A.
Mahasiswa
- Memakai celana bahan/non jeans (warna hitam) atau menggunakan Rok.
- Rambut rapi.
- Baju kemeja tidak ketat.
- Sepatu kerja, bukan sepatu sandal/sandal.
- Rambut tidak dicat/diwarna.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Nama
Mata Kuliah : MICRO TEACHING
Kode Mata Kuliah : BD.
301
Bobot Mata Kuliah :
2 SKS
Jenjang / Program Studi :
D-IV/D-IV Bidan Pendidik
Semester :
I (satu) Ganjil
Pertemuan : Ke 1
– 16
Alokasi Waktu : 1 x 90 menit (1 pertemuan)
Dosen Pengampu :
Sam’un Mukramin, S.Pd., M.Pd.
PERTEMUAN
|
PEMBAHASAN
|
INDIKATOR
KETERCAPAIAN
|
KEGIATAN
PERKULIAHAN
|
PENILAIAN
|
1
|
Pengertian dan
Langkah-Langkah
Tentang Observasi
dan Pembelajaran
Mikro
|
- Mahasiswa
mampu menjelaskan
pengertian observasi
- Mahasiswa
mampu menjelaskan
tentang hakikat, karakteristik, serta
prosedur pembelajaran mikro
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Mengadakan
tanya jawab dan saling pendapat
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
kinerja
|
2
|
Teori keterampilan
dasar bertanya dan
keterampilan
memberikan penguatan
|
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar bertanya dan menjelaskan dalam pembelajaran
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memberikan penguatan dan menjelaskan
dalam pembelajaran
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Mengadakan
tanya jawab dan saling pendapat
- Mahasiswa
dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk mempresentasikan masalah yang berkaitan
dengan materi
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
kinerja
- Resume
hasil diskusi
|
3
|
Teori keterampilan
dasar melakukan
variasi dan
keterampilan
menjelaskan
|
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya
dalam pembelajaran
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya
dalam pembelajaran
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Mengadakan
tanya jawab dan saling pendapat
- Mahasiswa
dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk
- Mempresentasikan
masalah yang berkaitan dengan materi
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
kinerja
- Resume
hasil diskusi
|
4
|
Teori keterampilan
dasar membuka dan
menutup serta
keterampilan
membimbing diskusi
kelompok kecil
|
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta
menjelaskan dalam pembelajaran
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok
kecil serta menjelaskan dalam pembelajaran
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Mengadakan
tanya jawab dan saling pendapat
- Mahasiswa
dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk mempresentasikan masalah yang berkaitan
dengan materi
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
kinerja
- Resume
hasil diskusi
|
5
|
Teori keterampilan
dasar mengelola kelas
dan keterampilan
mengajar kelompok
kecil dan perseorangan
|
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar mengelola kelas dan menjelaskan dalam
pembelajaran
- Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar mengajar kelompok kecil dan perseorangan
serta menjelaskan dalam pembelajaran
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Mengadakan
tanya jawab dan saling pendapat
- Mahasiswa
dalam kelompoknya yang mendapat tugas untuk mempresentasikan masalah yang berkaitan
dengan materi
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
kinerja
- Resume
hasil diskusi
|
6
|
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
bertanya
|
- Mahasiswa
mampu
Mendemonstrasikan keterampilan dasar bertanya
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Menyimak
setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
Kinerja simulasi
|
7
|
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
memberikan penguatan
|
- Mahasiswa
mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar memberikan penguatan
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Menyimak
setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
Kinerja simulasi
|
8
|
Mendemonstrasikan
keterampilan dasar
melakukan variasi
|
Mahasiswa mampu
mendemonstrasikan keterampilan
dasar melakukan variasi
|
- Penyajian
materi perkuliahan
- Menyimak
setiap jenis
keterampilan dasar mengajar
dengan memakai format observasi
- Memberikan
penguatan
|
- Pertanyaan
lisan
- Penilaian
Kinerja simulasi
|
9
|
UTS
|
Tes
Tertulis
|
||
10
|
Mendemonstrasikan
keterampilan
dasar
menjelaskan
|
-
Mahasiswa
mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar menjelaskan
|
-
Penyajian
materi perkuliahan
-
Menyimak
setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
-
Memberikan
penguatan
|
-
Pertanyaan
lisan
-
Penilaian
-
Kinerja
simulasi
|
11
|
Mendemonstrasikan
keterampilan
dasar
membuka dan menutup
|
-
Mahasiswa
mampu
mendemonstrasikan
keterampilan
dasar membuka dan
menutup
|
-
Penyajian
materi perkuliahan
-
Menyimak
setiap jenis
keterampilan dasar
mengajar
dengan memakai
format observasi
-
Memberikan
penguatan
|
-
Pertanyaan
lisan
-
Penilaian
kinerja
simulasi
|
12
|
Mendemonstrasikan
keterampilan
dasar
membimbing
diskusi
kelompok kecil
|
-
Mahasiswa
mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar membimbing diskusi kelompok
kecil
|
-
Penyajian
materi perkuliahan
-
Menyimak
setiap jenis keterampilan dasar mengajar
dengan memakai
format observasi
-
Memberikan
penguatan
|
-
Pertanyaan
lisan
-
Penilaian
Kinerja simulasi
|
13
|
Mendemonstrasikan
keterampilan
dasar
mengelola
kelas
|
-
Mahasiswa
mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar mengelola kelas
|
-
Penyajian
materi perkuliahan
-
Menyimak
setiap jenis keterampilan dasar mengajar dengan memakai format observasi
-
Memberikan
penguatan
|
-
Pertanyaan
lisan
-
Penilaian
Kinerja simulasi
|
14
|
Mendemonstrasikan
keterampilan
dasar
mengajar
kelompok
kecil dan
perseorangan
|
-
Mahasiswa
mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar mengajar kelompok kecil dan perseorangan
|
-
Penyajian
materi perkuliahan
-
Menyimak
setiap jenis
keterampilan dasar
mengajar
dengan memakai
format observasi
-
Memberikan
penguatan
|
-
Pertanyaan
lisan
-
Penilaian
kinerja
|
15
|
Resume materi
pembelajaran
mikro
|
-
Mahasiswa
mampu menyusun resume materi pembelajaran mikro
|
-
Penyajian
materi perkuliahan
-
Membuat
resume mulai dari
pertemuan 1 hingga pertemuan
14
-
Memberikan
penguatan
|
-
Pertanyaan
lisan
-
Penilaian
kinerja
|
16
|
UAS
|
Tes Tertulis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar