Sabtu, 09 April 2016

PERBEDAAN LEMBAGA, ORGANISASI DAN GRUP


                                                                                            Oleh; Sam'un Mukramin
                                         Program Pascasarjana UNM Prodi Pend. Sosiologi 2013 

A.    Pengertian Lembaga
Hooguelt, MM (1995). Menjelaskan bahwa Pengertian istilah lembaga sosial dalam bahasa Inggris adalah social institution, namun social institution juga diterjemahkan sebagai pranata sosial. Menurut Koentjaraningrat, (1987). Hal ini dikarenakan social institution merujuk pada perlakuan mengatur perilaku para anggota masyarakat. Ada pendapat lain mengemukakan bahwa pranata sosial merupakan sistem tata kelakukan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Koentjaraningrat, (1987). Sedangkan menurut Koentjaraningrat Lembaga sosial merupakan satuan norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
Sedangkan Sanderson, (1995). Istilah lain yang digunakan adalah bangunan sosial yang diambil dari bahasa Jerman sozialegebilde dimana menggambarkan dan susunan institusi tersebut.
Jadi lembaga sosial adalah serangkaian aturan-aturan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat guna untuk mengatur dan memelihara hubungan sosial antara masyarakat demi terwujudnya stabilitas keamanan dalam berperilaku dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

B.     Pengertian Organisasi
Pengertian organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
1.      Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
2.      Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.      Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Jadi dari beberapa pengertian organisasi menurut para ahli diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa organisasi adalah sebuah bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang mempunyai visi dan misi yang sama. Dengan asas kebersamaan/kekompakan, kepercayaan, kejujuran, keadilan kerelaan dan kepentingan.

C.    Pengertian Grup
Group adalah hubungan interaksi antara beberapa orang untuk membentuk kerja sama.
Group Development adalah sekelompok orang untuk bekerjasama dalam tahap yang menjadikan ke arah yang positif, misal : menjadikan lebih dewasa, bijaksana dan lain-lain.

D.    Perbedaan Lembaga, Organisasi dan Grup
Penerjemahan sebuah istilah atau kata dapat memunculkan bunyi yang berbeda tergantung dari sudut pandang mana tinjauannya. Seperti dalam mengkaji istilah lembaga dan organisasi sangat memungkinkan terjadi perbedaan tafsir tergantung dilingkungan mana orang tersebut dibesarkan. Organisasi dalam kamus ilmiah dikatakan bahwa organisasi adalah Penyusunan dan pengaturan bagian-bagian hingga menjadi satu kesatuan, susunan dan aturan dari berbagai bagian sehingga  merupakan kesatuan yang teratur untuk tujuan bersama, sedangkan lembaga disebutkan merupakan sesuatu (badan) yang bergerak secara sistematis yang menyangkut kemasyarakatan.
Sepakat bahwa lembaga dan organisasi adalah hal yang sama ditinjau dari gerakan yang terorganisir dan sistimatis. Namun harus dipahami bahwa terdapat perbedaan antara  lembaga dengan organisasi, bukan diri sisi hurup yang berbeda. Akan tetapi, meninjau dari segi pergerakan secara real, bahwa organisasi hanya merupakan sebuah susunan orang yang terdiri dari titik-titik tertentu yang mempunyai tujuan bersama, sedangkan lembaganya adalah badan yang terdiri dari struktur organisasi yang tersusun secara sistematis dalam mencapai tujuan bersama. Secara konkret perbedaan organisasi dan lembaga dapat dianologikan seperti sebuah tim sepak bola, bahwa pemain yang terdiri dari 11 orang tersebut merupakan satu kesatuan organisasi yang terdiri dari penjaga gawang, pertahanan, penyerang dan posisi-posisi lainnya sedangkan lembaganya adalah nama tim sepak bola tersebut, misalnya PSM Makassar.
Menarik benang merah secara sederhana bahwa eksistensi organisasi dan lembaga  mengalami kecenderungan bahwa organisasi itu berada di sekolah dan lembaga itu berada di perguruan tinggi, organisasi lebih cenderung mengarah ke kegiatan penyelenggaraan atau lebih dikenal “Event Organizer” sedangkan lembaga cenderung mengarah ke gerakan-gerakan perjuangan. Paradigma demikian hanya sebuah propaganda kelembagaan untuk bagaimana menghapus paradigma keorganisasian mahasiswa baru yang diimaminya sewaktu masih berada di sekolah, karena organisasi yang berada di sekolah sangat berbeda dengan organisasi yang ada di Kampus.
Lembaga biasanya dimiliki oleh pemerintah. Organisasi pasti dimiliki oleh privat (swasta). Dari berbagai definisi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa lembaga itu tidak hanya organisasi-organisasi yang memiliki kantor saja tetapi juga aturan-aturan yang ada di masyarakat dapat dikategorikan sebagai suatu lembaga sedangkan definisi organisasi merupakan rangkaian kegiatan kerjasama yang dilakukan beberapa orang dalam upaya mencapai tujuan yang ditetapkan.
Karena kekacauan ini, maka saya lakukan Rekonseptualisasi “Lembaga” dan “Organisasi”. Begini semestinya lembaga, kelembagaan, organisasi dan keorganisasian kudu didefinisikan.
In English
Biasa diterjemahkan menjadi
Terminologi semestinya
Batasan dan materinya
1. institution
Kelembagaan, institusi
Lembaga
norma, regulasi, pengetahuan-kultural. Menjadi pedoman dalam berperilaku aktor
2. institutional
Kelembagaan, institusi
Kelembagaan
Hal-hal berkenaan dengan lembaga.
3. organization
Organisasi, lembaga
Organisasi
social group, yg sengaja dibentuk, punya anggota, utk mencapai tujuan tertentu, aturan dinyatakan tegas. (kelompok tani, koperasi, Gapoktan)
4. organizational
Keorganisasian, kelembagaan
Keorganisasian
Hal-hal berkenaan dengan organisasi (struktur org, anggota, kepemimpinannya, manajemennya, dll).

Jadi, ibarat akuarium, maka lembaga itu adalah airnya, sedangkan organisasi adalah ikannya. Ikan yang berbeda butuh air yang berbeda, ya kan? Ikan air tawar ga bisa pakai air laut. Nah, jika kita mau memasukkan satu jenis ikan liat-liat dulu lah airnya bagaimana. Inilah yang disebut dengan “analisis kelembagaan” nya. Menganalisis airnya.

Salah
Benar
Kelembagaan petani
Organisasi petani, organisasi milik petani
Lembaga kelompok tani,  lembaga Gapoktan, lembaga koperasi
Organisasi kelompok tani, organisasi Gapoktan,  organisasi koperasi
Mengembangkan kelembagaan permodalan petani
Mengorganisasikan petani dalam pemenuhan permodalan


DAFTAR PUSTAKA

Arif Rohman, dkk., 2002. Sosiologi. Klaten. Intan Pariwara. Hal 54-56
Hooguelt, Ankle MM, 1995 Sosiologi Sedang Berkembang, Jakarta, Raja Grafindo Persada.Hlm.65
Koentjaraningrat, 1987, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta, Rineka Cipta. Hal. 70-74
Sanderson, Stephen K, 1995, Sosiologi Makro (Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial), Edisi kedua, Jakarta, Rajawali Press. Hlm. 23
Soekanto, Soerjono, 1987, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Press.Hlm. 34
Lawang, Robert M.Z.,1985. Buku Materi Pokok Pengantar Sosiologi Modul 4–6, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka.Hal 40-60.
Zeitlin, Irving M, 1998. Memahami Kembali Sosiologi, Cetakan kedua, Yogyakarta, Gadjah Mada Universitas Press. Hal 31-32
Fox, James, 2002, Indonesian Heritage: Agama dan Upacara, Jakarta, Buku Antarbangsa.Hlm.45

Tidak ada komentar: